Cara Budidaya Tanaman Hias sebagai Lahan Bisnis

Cara Budidaya Tanaman Hias sebagai Lahan Bisnis

Votewillforcongress – Bagi sebagian orang, bertani mungkin hanya sekedar hobi atau kegiatan untuk mengisi waktu luang. Namun, bagi sebagian orang yang memiliki ketekunan dan keterampilan lebih dalam bertani, seringkali mereka mengandalkan keterampilan tersebut untuk menghasilkan pendapatan tambahan. Belakangan ini, beberapa tanaman hias adenium dan anthurium menunjukkan bahwa tanaman hias bisa dijual dengan harga selangit. Bahkan untuk tanaman hias berbunga seperti anggrek tetap ideal bagi para pecinta tanaman hias. Bagi Anda yang berniat menekuni hobi bertani sebagai sumber penghasilan, ada beberapa cara membudidayakan tanaman hias agar bermanfaat juga sebagai lahan komersial. Selain cara beternak tanaman hias itu sendiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar banyak orang yang bisa mengenal tanaman hias. Anda harus memiliki trik khusus agar bisnis ini diburu oleh para pecinta tanaman hias.

Cara menanam tanaman hias dan cara memasarkannya

Selain upaya pemasaran, kualitas tanaman hias sebenarnya menjadi ujung tombak terpenting bagi tanaman hias yang ditawarkan untuk dijual di pasaran. Dengan memiliki tanaman hias yang berkualitas baik dan teknik promosi yang tepat, tanaman hias pasti akan laris manis. Berikut beberapa cara menanam tanaman hias, berikut beberapa tips pemasarannya dari Bunga Papan Makassar:

Perhatikan cara menabur

Media tanam adalah wadah atau tempat untuk menanam tanaman hias. Anda bisa menggunakan pot, tanah dan air dalam teknik hidroponik. Untuk mendapatkan tanaman hias dengan kualitas terbaik, Anda perlu mengetahui jenis tanaman apa yang cocok untuk unsur tanah tertentu atau jenis tanaman apa yang paling cocok untuk ditanam dengan teknik hidroponik.

Memilih tanaman hias

Jika Anda adalah seseorang yang sudah mahir dalam berbagai teknik budidaya, tidak sulit untuk menanam berbagai jenis tanaman hias yang tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga cara pengolahannya juga berbeda. Namun, bagi Anda yang baru mengenal dunia ini, sebaiknya pilih tanaman yang tidak memerlukan teknik perawatan yang sulit untuk meringankan pekerjaan.

Merawat tanaman hias

Merawat tanaman hias hampir sama dengan perawatan tanaman pada umumnya. Anda juga perlu menyiram dan menambahkan pupuk secara teratur. Sangat disarankan untuk menggunakan pupuk alami seperti pupuk kandang atau kompos. Namun, jika kedua jenis pupuk ini sulit ditemukan, maka pupuk tanaman bisa diganti.

Penempatan tanaman

Padahal, matahari merupakan salah satu unsur penting yang menunjang pertumbuhan tanaman. Namun, jangan biarkan tanaman hias mendapatkan terlalu banyak sinar matahari. Anda bisa membuat jaring untuk melindungi tanaman hias dari sinar matahari langsung.

Pemasaran tanaman hias

Cara membudidayakan tanaman hias agar dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan adalah dengan memperhatikan proses pemasarannya. Agar penghias dapat berjalan dengan baik dari segi pemasaran, berbagai teknik promosi seperti periklanan melalui media online, partisipasi dalam pameran dan dari mulut ke mulut perlu diterapkan. Dengan demikian, tanaman hias Anda akan lebih dikenal oleh para pecinta tanaman hias.

Jika Anda merasa memiliki lebih banyak ketekunan dan keterampilan dalam bertani, maka jangan ragu untuk memanfaatkan keuntungan ini untuk mengamankan pendapatan pertanian. Cara Menanam Tanaman Hias beserta upaya promosi yang dijelaskan di atas dapat dipraktekkan sekarang juga agar di bulan-bulan mendatang tanaman hias Anda sudah siap dipasarkan. Satu hal yang perlu diingat: Kualitas tanaman hias yang baik akan sulit diketahui banyak orang tanpa upaya promosi.

Sumber: Karangan Bunga Makassar

Anda mungkin juga suka...