Jenis-Jenis Website

Jenis-Jenis Website

Votewillforcongress – Sebelum Anda memulai sebuah website, tentunya Anda harus mengetahui website seperti apa yang Anda butuhkan. Ada beberapa jenis situs web di Internet, dan dapat dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu menurut fungsi dan sifatnya. Kamu juga bisa menggunakan Jasa Website

Jenis Situs Web

Anda dapat membuat berbagai jenis situs web berdasarkan karakteristik berikut saat membuat situs web.

1. Situs web statis

Sederhananya, situs web statis dapat diartikan sebagai situs web yang isinya konstan atau tidak berubah. Setiap halaman dibuat dengan kode HTML dan menampilkan informasi yang sama kepada semua pengunjung. Hanya webmaster atau pengembang yang dapat memperbarui konten situs web statis.

Biasanya, situs web statis dibuat menggunakan HTML dan CSS oleh pengembang yang memahami pemrograman dan pengkodean. Anda juga dapat menggunakan pembuat situs web statis seperti Jekyll, Hexo, atau Hugo.

Karena situs web statis tidak memerlukan pembaruan konten secara teratur, situs web statis tidak memerlukan database. Situs web statis biasanya digunakan untuk situs web bisnis yang hanya perlu memberikan informasi dasar seperti alamat bisnis, kontak, dan riwayat.

2. Situs web dinamis

Di sisi lain, website dinamis adalah website yang isinya selalu diupdate secara berkala. Sebagian besar situs web bersifat dinamis karena lebih mudah dikelola daripada situs web statis. Situs web dinamis menampilkan konten mereka dari database yang umumnya hanya dapat diakses oleh webmaster atau pengembang.

Meski begitu, situs web dinamis memungkinkan Anda memiliki banyak pengguna yang dapat memperbarui konten situs web tanpa mengubah desain web.

Jenis situs web berdasarkan fungsinya

Website juga dibagi sesuai dengan fungsi dan tujuan pembuatannya. Berikut adalah beberapa fitur situs web yang paling umum

1. E-commerce / toko online

Anda juga dapat menggunakan situs web untuk mendirikan toko online. Bahkan jika Anda sudah berjualan di marketplace atau di media sosial, Anda tetap membutuhkan website. Seperti halnya Anda memiliki toko fisik di dunia nyata, situs web dapat berfungsi sebagai “toko” Anda di dunia maya.

Anda dapat mengarahkan calon pelanggan dari media sosial ke situs web toko online sehingga semua transaksi berlangsung di situs web tersebut. Oleh karena itu, semua transaksi toko online dapat dicatat secara otomatis dan Anda dapat dengan mudah mengevaluasinya menggunakan Google Analytics.

2. Situs perusahaan

Jika bisnis Anda tidak bertransaksi secara online, maka Anda juga harus memiliki situs web profesional agar calon pelanggan dapat menemukan informasi resmi tentang bisnis Anda di situs web resmi.

Dengan cara ini, kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda akan meningkat karena mereka dapat menemukan informasi resmi yang mereka butuhkan melalui mesin pencari.

3. Blog (pemasaran konten)

Selain digunakan sebagai jurnal pribadi, blog juga dapat digunakan sebagai alat pemasaran konten. Anda dapat mengarahkan lalu lintas ke situs web toko online atau situs web bisnis Anda melalui blog.

Anda dapat membuat konten atau artikel menggunakan kata kunci yang sering digunakan oleh calon pelanggan Anda. Misalnya, Anda menjual sepatu kulit. Anda bisa menulis postingan blog pemasaran konten dengan kata kunci seperti “cara merawat sepatu kulit” atau “sepatu kulit terbaik”.

4. Organisasi atau lembaga pemerintah

Situs web juga dapat digunakan sebagai situs web resmi organisasi. Hal ini agar masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi terkini tentang kegiatan organisasi. Biasanya, situs web organisasi menggunakan domain .org atau .or.id. Sedangkan website instansi pemerintah menggunakan domain .go.id.

5. Situs berita

Sebuah situs web yang bertujuan untuk menyebarkan berita mungkin adalah jenis situs web yang paling Anda kenal. Di era serba digital, portal informasi online telah berhasil mengubah bentuk media lain sebagai sumber informasi.

Apa pun jenis situs web yang Anda buat, pastikan Anda menggunakan WordPress. Karena Anda bisa membangun website dengan WordPress tanpa perlu belajar coding. Unduh ebook gratis di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang membangun situs web dengan WordPress.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas