Hal yang Perlu Dilakukan di Minggu Pertama Kuliah

6 Hal yang Perlu Dilakukan di Minggu Pertama Kuliah

Votewillforcongress –¬†Saat belajar di luar negeri, perbedaan sistem atau rencana studi seringkali membingungkan mahasiswa baru Indonesia. Apakah Anda salah satunya?

Mari kita lihat apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya di minggu pertama kuliah.

1. Berpartisipasi dalam acara kampus

Sangat penting untuk menghadiri semua acara kampus, terutama minggu pertama masuk perguruan tinggi. Jangan mengisolasi diri sendiri, apalagi mengunci diri. Bersikaplah terbuka dan pastikan Anda ramah dengan semua orang yang Anda temui di acara kampus. Selain bertemu teman baru, Anda juga bisa bertemu dengan beberapa staf kampus serta para profesor yang hadir dalam acara tersebut.

2. Jangan mendominasi

Ikuti semua kursus yang Anda ambil. Ingatlah bahwa ada banyak tantangan memasuki universitas, mulai dari biaya sekolah hingga nilai akademik. Anda juga harus memahami bahwa perguruan tinggi dan sekolah menengah adalah dua hal yang berbeda.

Jika Anda masih di sekolah menengah, Anda bisa membolos dan keluar dari masalah. Jadi ketika Anda baru saja bolos kuliah Anda akan tertinggal jauh. Selain itu, di universitas, profesor tidak peduli apakah ada siswa atau tidak. Jadi hasil akhir yang Anda peroleh sepadan dengan apa yang Anda lakukan.

3. Mengenal guru dan materi pembelajarannya

Tidak semua pembicara dan guru memiliki sikap atau cara mengajar yang sama. Pembicara dan guru adalah dua hal yang berbeda lho. Jika Anda lebih mementingkan buku di sekolah menengah maka banyak sekali media yang digunakan saat Anda transfer kuliah. Cara setiap pembicara menyampaikan materi tidak sama.

Pastikan untuk mengidentifikasi setiap pembicara atau guru untuk setiap kelas yang Anda ambil. Jika ternyata tidak sesuai dengan metode pembelajaran atau materi yang diberikan, Anda masih punya waktu untuk melakukan perubahan pada kelas atau guru.

4. Perhatikan pelajaran dan jadwal

Mengharapkan yang tak terduga! Bahkan jika Anda sudah memiliki jadwal dan tahu di mana kelas akan diadakan. Tetapi suatu hari Anda akan terkejut dengan perubahan jadwal dan kelas. Jika ini terjadi, Anda mungkin akan gugup karena hasil akhirnya adalah penundaan kelas. Namun Anda tidak perlu khawatir karena biasanya para guru akan sedikit memahami hal ini di awal semester.

Tapi ingat, jika Anda tidak dapat menemukan kursus, tanyakan pada bagian akademik untuk mencari tahu kursus atau perubahan jadwal mana yang telah terjadi. Sebagai antisipasi, Anda harus memeriksa email atau kalender online secara rutin untuk mengetahui perubahan mendadak yang mungkin muncul. Pergi lebih awal di pagi hari mengantisipasi perubahan jadwal atau menghindari kedatangan terlambat itu bagus, terutama minggu pertama.

5. Berkenalan dengan teman sebanyak mungkin

Untuk bertahan hidup di tahun pertama, Anda jelas tidak bisa berjalan sendiri, bukan? Jadi manfaatkan minggu pertama di awal semester untuk bersosialisasi. Bukan hanya teman sekamar Anda di asrama, kenali teman sekelas Anda dengan setiap kelas yang Anda ambil. Anda tidak harus menyukai mereka atau pergi bersama mereka semua. Tapi setidaknya kenali mereka dan bangun hubungan yang baik agar tidak ada masalah.

6. Bergabunglah dengan berbagai klub

Terlibat dalam semua kegiatan kampus, termasuk keanggotaan klub. Anda tidak harus langsung memilih klub. Namun, selama minggu pertama semester, Anda dapat menghadiri semua pertemuan klub.

Sebagai aturan, setiap klub akan mengadakan pertemuan untuk mempresentasikannya. Bergabunglah dengan aktivitas ini dan lihat klub mana yang tepat untuk Anda. Bergabung dengan lebih dari satu pertemuan tidak hanya membantu Anda menentukan klub yang tepat, tetapi Anda juga dapat menambahkan teman.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas