Cara Membuat Hardisk Internal Menjadi Hardisk Eksternal

Cara Membuat Hardisk Internal Menjadi Hardisk Eksternal

Votewillforcongress – Ada beberapa alasan yang valid untuk mengganti hard drive internal dengan eksternal, seperti ketika Anda mengganti hard drive dengan SSD untuk kinerja game yang lebih cepat atau ketika Anda menggantinya dengan hard drive berkapasitas lebih tinggi. Jadi, apakah Anda siap untuk mengubah hard drive Anda menjadi hard drive eksternal? Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Periksa kondisi hard drive

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa kelayakan hard drive internal. Sebelum melepas harddisk dari PC atau laptop anda, pastikan harddisk anda tidak rusak agar data yang disimpan tidak rusak atau hilang.

Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu membuka Windows Explorer dan klik kanan pada partisi harddisk yang akan dijadikan harddisk eksternal. Kemudian pilih menu Properties dan klik pada tab Tools. Klik opsi Periksa di bagian “Pemeriksaan Kesalahan”.

Alat ini akan memindai hard drive untuk memeriksa kesalahan atau tidak. Jika setelah scan tidak ada notifikasi error, artinya harddisk kalian benar-benar layak untuk harddisk eksternal.

2. Cadangkan data penting (opsional)

Memindahkan hard drive adalah pekerjaan yang berisiko. Tidak ada yang tahu apakah hard drive Anda akan rusak dengan mencabutnya. Oleh karena itu, ada baiknya memiliki cadangan data jika data hilang dari hard drive.

Langkah ini hanya tindakan pencegahan – proses mengubah hard drive internal menjadi hard drive eksternal tidak akan benar-benar menghapus data apa pun dari hard drive. Tapi, lebih baik waspada daripada menyesal, bukan?

3. Beli lemari yang sesuai

Kasing adalah wadah yang dimaksudkan untuk menampung hard drive eksternal. Biasanya case terbuat dari plastik atau logam dan Anda dapat menghubungkan hard drive ke slot USB 3.0 di PC atau laptop.

Ada dua versi casing yang dapat digunakan, tergantung pada ukuran hard drive. Hard drive internal PC berukuran 3,5 inci dan juga harus dipasang dalam wadah 3,5 inci.

Lalu ada casing hard drive laptop 2,5 inci khusus. Sangat mudah untuk membedakan kedua kabinet – versi 3,5 inci menyertakan kabel tambahan untuk dihubungkan ke stopkontak. Soalnya, hard drive PC perlu dicolokkan untuk menyalakan.

Perhatikan juga jenis hard drive (IDE atau SATA) karena ini memengaruhi jenis koneksi yang didukung oleh enklosur.

4. Lepaskan hard drive dari PC atau laptop Anda.

Langkah selanjutnya cukup berisiko karena Anda harus merusak bagian perangkat keras PC atau laptop Anda. Namun, satu-satunya cara untuk menukar hard drive internal dengan drive eksternal adalah dengan melepasnya terlebih dahulu.

Untuk PC, beberapa kasus mengharuskan Anda melepas sisi kiri atau kanan CPU dengan obeng. Ada juga casing yang memiliki tombol untuk melepas casing. Namun pada umumnya case memiliki baut yang bisa dibuka dengan obeng Phillips (plus obeng).

Lepaskan juga semua kabel yang tersambung ke tower PC, terutama kabel power, agar tidak tersengat listrik sendiri. Setelah membuka casing, coba cari di mana hard drive dipasang.

Lepaskan hard drive secara perlahan; jangan menarik terlalu keras untuk menghindari kerusakan. Setelah itu lepas semua kabel yang terhubung ke harddisk, seperti kabel IDE atau SATA dan konektor power. Ingatlah untuk berhati-hati saat mencabut kabel dan jangan terburu-buru. Ketika hard drive dilepaskan dari casing dan kabel telah dilepaskan, hard drive internal siap untuk digunakan sebagai eksternal.

5. Masukkan hard drive internal ke dalam enklosur

Langkah selanjutnya adalah memasukkan hard drive ke dalam case sesuai dengan jenis hard drive. Jika Anda memiliki hard drive tipe PATA, Anda perlu menghubungkan kabel IDE dan konektor daya ke casing dengan hard drive Anda. Untuk model SATA, Anda hanya perlu mencolokkan hard drive ke port SATA yang tersedia pada case seperti yang ditunjukkan di atas.

Nah, inilah cara Mabtekno.com mengubah hard drive internal menjadi drive eksternal yang nyaman. Anda tidak perlu khawatir dengan redundansi hard drive lama, sekarang Anda memiliki ruang ekstra untuk menyimpan berbagai koleksi film, serial TV atau game. Menarik sekali bukan?

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas