Manfaat Persatuan dan Kesatuan

Manfaat Persatuan dan Kesatuan

Manfaat Persatuan dan Kesatuan – Manfaat persatuan dan kesatuan bangsa ini bisa terasa dan bisa juga tidak, Tergantung sejauh mana warga negara dalam suatu bangsa tersebut mampu mewujudkan komitmennya di dalam kehidupan bermasyarakat.

Jika manfaatnya ingin diraih, misalnya apabila Kamu sebagai pelajar, maka terapkanlah wujud persatuan sebagai pelajar. Misalnya dengan saling membantu teman yang kesusahan, menghormati guru, menghargai teman yang sedang bicara di depan, mengerjakan tugas, dan sebagainya.

Manfaat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia tidak akan pernah bisa diwujudkan apabila yang Kamu lakukan adalah hal-hal yang justru tidak mencerminkan sikap tidak mau bersatu. Yakni dengan melakukan hal-hal yang justru merusak hubungan dengan sesama.

Tentu saja, bukan hanya Kamu sebagai siswa. Seluruh pihak yang mendaku sebagai bagian dari bangsa Indonesia juga perlu melakukan berbagai hal semacam di atas. Tanpa terkecuali.

Jika semuanya melakukan berbagai upaya yang menjadi wujud persatuan, maka manfaat dari persatuan dan kesatuan bangsa akan didapat.

Manfaat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Ketika semua pihak menyadari makna penting dari persatuan dan kesatuan bangsa, maka akan didapatlah beberapa manfaat berikut ini:

1. Pembangunan Nasional Menjadi Lebih Lancar

Apabila semuanya berusaha mewujudkan persatuan, maka negara akan lebih mudah untuk melakukan pembangunan.

Mengapa bisa demikian?

Logikanya, jika tidak bersatu dan banyak konflik, pastinya suatu negara akan lebih sibuk mengurus urusan konflik ketimbang memikirkan kemajuannya. Tentu upaya ini juga memerlukan pemimpin yang memang pandai dalam menyusun strategi pembangunan.

2. Mudah Mengatasi Masalah yang Diakibatkan Perbedaan

Dengan kesadaran tentang persatuan dan kesatuan yang dimiliki oleh masyarakat, maka berbagai perbedaan yang berpotensi menjadi masalah tidak akan menjadi masalah yang berkepanjangan.

Bahkan, ia bisa selesai dengan mudah tanpa melibatkan aparat berwenang, karena pihak yang berkonflik akan mudah sadar bahwa yang dilakukannya bertentangan dengan prinsip persatuan dan kesatuan.

3. Kehidupan akan Lebih Rukun

Manfaat lainnya juga akan membawa kerukunan di antara mayarakat, sehingga berbagai kejadian konflik terjadi dalam skala yang sangat minimal.

Kerukunan ini juga yang kemudian memunculkan keakraban dan sinergi yang tentu bersifat lebih positif untuk kemajuan bersama.

4. Tidak Mudah ‘Dijajah’

Jika Kita semua bersatu, Kita juga akan lebih solid dan tak mungkin lagi mengenal yang namanya penjajahan.

Jika Kamu membaca sejarah, salah satu yang dilakukan penjajah agar bisa menguasai Indonesia adalah dengan melakukan adu domba. Dimana antar sesama anak bangsa dipertentangkan untuk membuat bangsa ini menjadi lemah.

Oleh karena itu, dengan cara mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa, upaya adu domba sebagaimana yang terjadi dahulu bisa dicegah dengan mudah.

5. Membuat Kesenjangan Sosial Lebih Seimbang

Ketika persatuan dan kesatuan disadari oleh segenap penduduk bangsa, maka Si Kaya mestinya akan sangat murah hati membantu sesamanya yang secara sosial ada di jenjang yang rendah. Si Kaya jauh dari sifat rakus dan hanya mementingkan kepentingannya sendiri.

Ketika Si Kaya tidak sadar persatuan, pasti Ia tak akan mau peduli dengan Si Miskin. Padahal, meskipun berbeda secara status sosial, antara Si Kaya dan Si Miskin sama-sama merupakan warga Indonesia, yang mestinya saling membantu satu sama lainnya.

Jika ini diwujudkan, pastilah yang namanya kesenjangan sosial itu akan terus berkurang. Bahkan, bisa jadi seluruh warga menjadi sejahtera.

Bagaimana teman, banyak kan manfaat persatuan dan kesatuan Bangsa? Tentu saja, makanya ini perlu diwujudkan, bukan hanya dijadikan slogan atau gembar-gembor belaka tanpa perwujudan yang penuh komitmen. Tetap semangat untuk belajar menggapai masa depan ya!

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas